Review Tentang Penggunaan dan Harga Aki Kering Motor Serta Cara Merawatnya

Kendaraan itu terbentuk atas beberapa komponen penting didalamnya, salah satunya adalah aki. Ya, orang mungkin tidak banyak yang paham jika aki itu bisa dikatakan sebagai bagian nyawanya kendaraan. Jika itu bermasalah atau dihilangkan sudah pasti akan bermasalah seperti macet ataupun yang lain sebagainya. Sebelumnya motor sendiri ada beberapa yang menggunakan jenis aki kering dan sebagian lainnya masih menggunakan aki basah. Jika dilihat secara sekilas pembeda diantara keduanya adalah harga aki kering motor yang dikatakan lebih mahal. Namun ada beberapa hal yang membedakan lainnya, tidak terkecuali cara perawatannya.

Jaman modern pastinya orang menginginkan segalanya lebih dari yang dahulu atau terbaik, hal itu terjadi pula pada kendaraan. Hal itulah mungkin yang menjadikan alasan banyak orang yang memilih aki kering untuk motornya dari pada aki basah. Banyak yang mengatakan memang aki kering lebih baik dari segala hal. Namun hal itu semuanya tidak bisa terjadi begitu saja tanpa adanya perawatan secara rutin dari pemilik. Makanya penting sekali Anda melakukan perawatan ringan dan mudah supaya aki mempunyai masa pakai yang lebih lama seperti:

  1. Tidak menggunakan motor secara langsung ketika sudah berhari-hari tidak digunakan.
  2. Selalu memanasi mesin setiap hari kurang lebih 5 hingga 10 menit, baik itu akan digunakan ataupun tidak akan digunakan.
  3. Membersihkan bagian aki secara rutin, hilangkan debu, kotoran dan lain sebagainya supaya tidak menimbulkan penyumbatan.
  4. Mengecek besar tegangan listrik yang ditahan oleh aki, jika terlalu melebihi kapasitas lebih baik segera lepaskan.
  5. Selalu posisikan dalam kondisi yang terbaik dari setiap terminal aki pada motor Anda.

Jika kelima hal diatas sudah Anda lakukan secara rutin kemungkinan besar aki yang ada pada motor Anda akan mempunyai masa pakai yang lebih lama. Jadi Anda tidak merugi setelah membeli harga aki kering motor yang mahal tetapi bisa tertahan lama. Namun, semuanya itu hanya akan menjadi angan-angan atau persepsi saja tanpa ada tindakan untuk melakukan perawatan. Jika memang aki Anda sudah mengalami masalah, akan lebih baiknya melakukan beberapa langkah perbaikan seperti:

  1. Membongkar aki.
    Sebelum Anda memperbaiki kerusakan yang ada pada aki tersebut lebih baiknya bersihkan terlebih dahulu dari segala jenis kotoran ataupun debu. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembongkaran aki.
  2. Mengisi air.
    Setelah semuanya sudah Anda bersihkan secara baik saatnya untuk memasukkan air melalui penyuntikan. Ini bisa Anda lakukan secara bertahap, tetapi sebelumnya pastikan juga lubang karet pada aki sudah terlepas.
  3. Mengisi daya listrik.
    Proses selanjutnya ini adalah pemberian tenaga listrik atau memberikan setrum pada aki, proses ini tidak berbeda jauh ketika Anda melakukan pengisian daya pada ponsel.
  4. Tutup kembali.
    Setelah semuanya dirasa cukup, saatnya Anda menutup kembali pada bagian Anda tersebut secara tepat. Jika sudah bisa langsung tes atau cek terlebih dahulu sebelum Anda memasukkan pada motor.

Demikian beberapa ulasan mengenai aki kering pada motor yang sekarang ini sudah lebih banyak digunakan oleh masyarakat atau pengguna motor. Jadi dari kesimpulan diatas dapat dikatakan jika segala jenis aki itu sama saja baik kering ataupun basah. Terlepas dari harga aki kering motor yang mahal, semuanya awet digunakan. Tetapi asalkan segala bentuk perawatan secara benar dan tepat perlu Anda lakukan dengan benar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *