Mengetahui Macam-macam Motif Batik Pria

Motif yang terdapat pada batik pria terbilang sangat beragam. Bukan hanya itu, tiap motif juga memiliki maknanya masing-masing. Seperti contohnya adalah batik Truntum yang seringkali digunakan oleh orang tua pengantin saat diadakan upacara pernikahan. Truntum sendiri memiliki arti menuntun, sehingga diharapkan si pemakai yaitu orang tua mempelai bisa memberikan petunjuk serta contoh pada putra putrinya dalam memasuki hidup baru, yaitu hidup berumah tangga. Berikutnya ada motif Ciptoning. Makna yang terkandung adalah pemakai diharapkan dapat menjadi pribadi yang bijak serta dapat memberi petunjuk mengenai keluhuran budi pekerti dan juga jalan yang benar.

Motif batik pria selanjutnya adalah Sido Mulyo. Maknanya adalah dharma, kemakmuran serta perlindungan terhadap Bumi. Masih ada lagi motif batik yang memiliki makna khusus, yaitu Sido Mulyo Semen. Makna yang terkandung ialah kemakmuran atau kecukupan yang didapat secara terus menerus. Pemakai batik diharapkan akan dapat diberi kecukupan oleh Yang Maha Kuasa. Selanjutnya ada motif Wahyu Temurun. Harapan dari si pemakai adalah agar mendapat petunjuk dari Yang Maha Kuasa dalam menghadapi segala cobaan hidup. Lalu ada lagi motif Udan Liris atau dapat diartikan juga sebagai hujan gerimis dan menjadi simbol dari kesuburan. Terakhir ada motif Nitik, dengan harapan yang menggunakannya akan dapat menjadi orang yang bijaksana.

Beragamnya motif batik akan memberi kita lebih banyak pilihan mengenai motif batik mana yang akan dipilih tergantung dari keinginan dan selera masing-masing. Selain motifnya yang beragam, model batik pria juga tidak kalah beraneka macam. Mulai dari kemeja hingga kaos polo kini sudah bisa kita temukan secara online ataupun offline. Tidak hanya itu, batik wanita juga tidak kalah beragam. Kita bisa menemukan mulai dari kemeja, blus, dress, gaun hingga sarimbit pria dan wanita. Batik tidak hanya digunakan untuk acara-acara formal namun juga semi formal dan acara santai sehari-hari. Demikian informasi seputar motif batik ini, semoga bisa menjadi tambahan wawasan untuk kita semua terutama penggemar kain bermotif batik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *