Macam-macam Bentuk Obat

Seperti yang sudah sering Anda lihat, obat memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda. Semua bentuk obat memiliki tujuan tertentu. Semua obat diformulasikan khusus agar mencapai efek pengobatan yang diinginkan. Sebagai pasien, Anda juga harus waspada dalam membaca etiket karena cara mengkonsumsi obat tablet dan kaplet berbeda. Simak penjelasan mengenai bentuk-bentuk obat berikut ini.

Tablet

Obat ini berbentuk kompak dan padat  yang dicetak sehingga berbentuk tabung pipih atau bulat. Biasanya obat ini terdiri dari satu jenis obat atau lebih. Tablet juga terdiri dari beberapa jenis yaitu tablet kempa, tablet cetak, tablet trikurat, tablet kunyah dan lainnya. Obat Antialergi dan dekongestan merupakan salah satu jenis obat berbentuk tablet.

Pulveres

Merupakan campuran kering dari obat yang kemudian dihaluskan. Obat berbentuk serbuk ini kemudian ditimbang dan dibagi-bagi sama bobotnya kemudian dimasukan dalam sejenis kertas. Tiap kertas berisi obat sekali minum. Contoh obat ini adalah puyer.

Kapsul

Obat ini merupakan obat yang berbentuk padat dan berbentuk tabung yang mengandung obat serbuk. Cangkang berbentuk tabung ini dapat berupa cangkang keras atau lunak. Cangkang ini dapat larut dalam air. Salah satu keuntungan penggunaan kapsul adalah dapat menyamarkan bau dan rasa dari obat serta terhindar dari kontak langsung dengan udara dan sinar matahari.

Salep

Obat ini adalah obat yang berbentuk setengah padat. Biasanya obat ini dipakai untuk pengobatan di kulit atau selaput lendir. Salep merupakan jenis obat luar yaitu obat yang dipakai diluar tubuh. Salah satu contoh obat ini adalah obat jerawat.

Guttae

Guttae atau obat tetes merupakan obat yang berbentuk cair dan penggunaannya dengan cara diteteskan. Obat ini dimaksudkan untuk penggunaan di luar tubuh atau obat luar. Contoh obat ini adalah obat tetes mata, tetes hidung, tetes telinga, dan lain-lain.

Sirup

Sirup merupakan jenis obat yang berbentuk cair yang mengandung sukrosa atau gula lain yang mengandung kadar gula tinggi. Biasanya obat berbentuk sirup yang menjadi favorit anak-anak karena cara meminumnya mudah dan rasanya manis. Contoh obat dengan bentuk ini adalah Domperidone.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *