Langkah Mudah Mengenali Spare Part Sepeda Motor Asli atau Palsu

Khususnya untuk pasar Indonesia, saat ini sudah semakin banyak lagi kendaraan yang berhasil terjual, sehingga yang demikian tersebut jadi pertanda bahwa kebutuhan suku cadang atau spare part akan semakin tinggi pula. Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata yang demikian ini malah digunakan oleh orang – orang yang tak bertanggung jawab untuk menjajakan spare part sepeda motor palsu tetapi mengaku asli.

Tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan Anda sebagai pembeli. Tidak hanya harus mengeluarkan uang dengan percuma untuk membeli barang yang ternyata memiliki kualitas buruk, menggunakan spare part sepeda motor yang palsu pastinya akan sangat membahayakan keselamatan Anda. Makanya agar tidak tertipu pada saat membeli spare part, di bawah ini ada beberapa langkah mudah mengenali spare part asli dan palsu yang harus Anda tahu.

Langkah Mudah Mengenali Spare Part Sepeda Motor Asli atau Palsu

Memeriksa kode dan nomor seri spare part yang akan dibeli

Langkah mudah pertama untuk kenali spare part sepeda motor asli atau palsu yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan memeriksa kode, dan nomor seri dari spare part yang akan Anda beli tersebut. Pastinya masing – masing barang yang dijual oleh bengkel resmi punya nomor seri yang berbeda – beda. Nah, tiap nomor seri ini akan terdaftar di katalog resminya. Apabila Anda melihat atau pun menemukan ada yang menjanggal dalam hal tersebut, maka Anda patut waspada dan berpikir dua kali untuk membeli.

Tetapi demikian bukan berarti spare part palsu tidak dilengkapi nomor seri. Disadari atau pun tidak, kini tidak sedikit barang palsu yang dilengkapi kode atau nomor seri. Tetapi demikian, biasanya tampilan spare part yang palsu ini lebih ringkih dan pastinya juga mudah hilang keberadaan nomor serinya tersebut.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kemasan

Biasanya kardus kemasan spare part asli dibuat dari material yang lebih tebal dan halus. Tidak hanya itu saja, kualitas kardusnya juga berwarna lebih terang dan tidak kusam. Spare part yang asli bahkan juga memiliki label stiker berhologram yang ditempelkan di bagian kemasan. Penting sekali untuk Anda perhatikan, label stiker pada spare part sepeda motor yang asli biasanya tidak mudah terlepas dan logonya juga dicetak dengan sangat jelas.

Pastikan kondisi fisik dan spesifikasi barang sudah sesuai

Penting sekali untuk memeriksa kondisi fisik dan spesifikasi dari barang yang akan Anda beli, sebab kadang kalanya pengerjaan spare part palsu tidak sempurna. Salah satu contohnya adalah tingkat kerapiannya terbilang kurang bagus. Sementara itu untuk spesifikasinya sendiri bisa Anda cek di internet dengan mengunjungi website resminya. Karena meskipun suku cadang palsu dibuat agar bisa semirip mungkin, tetapi tentu saja bahan yang digunakan tidaklah sama.

Tanyakan juga soal garansinya

Apabila Anda memang benar – benar sudah memeriksa barang yang Anda akan beli tersebut, kini saatnya untuk menanyakan garansi dari spare part-nya. Spare part yang asli akan memiliki garansi yang lebih panjang daripada spare part yang palsu. Tidak hanya itu saja, spare part motor asli juga diberikan sendiri oleh pihak produsen kendaraan itu sendiri. Sementara itu untuk spare part sepeda motor palsu hanya diberikan garansi dari toko.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan langkah mudahnya mengenali spare part sepeda motor asli atau palsu. Namun untuk memudahkan Anda lagi untuk mendapatkan suku cadang asli, Anda bisa membelinya melalui YPEC atau Yamaha Part Electric Catalogue khususnya jika Anda mencari spare part Yamaha. Di sana Anda bahkan juga bisa melakukan pengecekan nomor seri spare part yang hendak dibeli dengan mudah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang langkah mudah mengenali spare part sepeda motor asli atau palsu. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *