Kendaraan Bertenaga Listrik Di Indonesia Dapat Mengurangi Polusi

Tidak bisa dipungkiri kendaraan bermotor produksinya jauh lebih banyak untuk memenuhi perminymtaan konsumen setiap tahunnya. Sedangkan pembangunan jalan tidak secepat pertumbuhan penggunaan kendaraan, selain lahan yang semakin sedikit untuk perumahan termasuk juga untuk lahan hijau. Dampaknya tentu produksi asap kendaraan bermotor yang semakin meningkat membuat polusi semakin pekat khususnya dikota besar.

Walaupun di Luar Negeri sudah banyak yang menggunakan kendaraan listrik, Indonesia juga tidak kalah sebab yang pedulingkungan dan menggunakan kendaraan tersebut juga ada walaupun tidak banyak. Untuk mobil listrik memang masih bisa dihitung jari yang menggunakannya karena harga kendaraan yang cenderung mahal. Akan tetapi untuk motor listrik dan sepeda listrik penggunanya lebih banyak dibandingkan mobil listrik.

Tahun 2018 ini PLN atau Perusahaan Listrik Milik Negara menggalakan agar masyarakat menggunakan sepeda motor listrik. Selain dapat mengurangi polusi udara, harga dari sepeda motor yang digalakan PLN pun sedikit lebih murah dan terjangkau. Dilansir dari berita teknologi, hal ini dikarenakan PLN bekerjasama dengan salah satu produsen kendaraan bermotor yang memproduksi kendaraan sepeda motor Skuter Matik dengan menggunakan tenaga baterai yang ada di motor tersebut. Selanjutnya jika tenaga baterai tersebut sudah lemah, bisa disi ulang dengan discharge ke stop kontak listrik dirumah.

Merk motor listrik yang digandeng PLN saat ini bermerk Viar dimana untuk skuter dapat mencapai jarak 70-80 KmĀ  dengan rata-rata kecepatan 60 Km/jam untuk sekali charging isi baterai sampai penuh. Biaya untuk sekali charging kurang lebih hanya membutuhkan Rp 5000, saja, sehingga jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan satu liter bensin premium. Walaupun memang skuter berbahan bakar bensin bisa lebih kencang, namun untuk ukuran 1 liter jangkauannya tanpa macet hanya 60-65 km saja.

Jika dilihat secara keseluruhan tentu menggunakan motor listrik lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan menggunakan motor yang menggunakan bahan bakar bensin. Akan tetapi persiapkan pula anggarannya yang umumnya motor listrik ini masih cukup tinggi harganya, namun bisa dibeli dengan cara mencicil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *