Hyperplasia Endometrium dan Penyebabnya

Pernahkah kamu mendengar tentang hyperplasia endometrium? Penyakit jenis apakah itu? Pengertian hyperplasia endometrium menurut hellosehat.com adalah gangguan yang ditandai dengan penebalan lapisan dinding rahim atau endometrium karena kelebihan pertumbuhan sel. Walaupun bukan kanker, kondisi ini dapat menyebabkan kanker pada rahim dalam beberapa kasus. Dilansir dari klikdokter.com pengertian hyperplasia endrometrium adalah lapisan terdalam dari rahim berada dalam keadaan terlalu tebal. Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kanker endometrium di kemudian hari. Endometrium mampu berubah-ubah selama sikuls enstruasi sebagai respons terhadap hormon. Selama periode pertama, indung telur akan menghasilkan entrogen untuk membantu endometrium bertumbuh dan menebal guna mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Kemudian pada pertengahan siklus, sel telur dikepaskan dari salah satu indung telur. Hyperplasia endometrium paling sering disebabkan oleh kelebihan estrogen, bukan kekurangan progesteron. Apabila ovulasi tidak terjadi, progesteron tidak dihasilkan dan lapisan tidak meluruh. Endometrium dapat terus berkembang sebagai respon terhadap estrogen. Sel yang menghasilkan lapisan dapat bergabung dan berubah menjadi abnormal.

Kondisi ini sangat umum terjadi dan dapa terjadi pada usia berapa pun. Gejala yang terjadi pada penderita adalah seperti siklus menstruasi yang lebih pendek dari dua puluh satu hari, dimuai hari pertama periode mestruasi hingga hari pertama periode mestruasi selanjutnya, pendarahan selama periode menstruasi yang lebih hebat atau lebih lama dari biasanya dan pendarahan apa pun setelah menopause. Menopause adalah waktu di mana kamu tidak mengalami menstruasi lagi. Ini ditandai dengan kamu yang tidak mengalami menstruasi selama dua belas bulan setelah menstruasi terakhir kamu. Fase ini menandai bahwa kamu sudah berada di akhir dari usia reproduktif, yaitu tidak dapat hamil lagi. 

Lalu apa yang menyebabkan penyakit ini muncul? Beberapa bukti menunjukkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh kelebihan hormon estrogen. Ketidaseimbangan hormon ini juga terkait dengan kanker rahim, itu sebabnya kadang penyakit ini dianggap sebagai kondisi pre-kanker. Penyebab lainnya adalah wanita yang mendekati menopause atau saat ovulasi sedang tidak teratur atau wanita yang sudah menopause berisiko lebih tinggi, beberapa remaja yang baru pertama kali menstruasi namun pola menstruasi masih belum teratur, wanita yang lebih barang terpapar hormon progesteron berisiko lebih tinggi terhadap penyakit ini, dan terakhir wanita yang pernah menggunakan terapi penggantian estrogen tanpa melengkapi dengan progestin. 

Apa yang membuat kamu memilikir risiko yang tinggi terkena penyakit ini? ada banyak faktor risiko untuk kondisi ini seperti ras kulit putih, berusia di atas tiga puluh lima tahun, usia tua saat menopause, usia muda saat mestruasi di mulai, riwayat pribadi terdapat kondisi tertentu seperti diabetes melitus, obesitas, merokok dan riwayat keluarga terhadap kanker indung telur, usus besar atau rahim. 

Bagaiman dengan pengobatannya? Kondisi ini harus diobati oleh dokter ahli kandungan. Terdapat beberapa jenis pengobatan, namun yang palign sering diberikan adalah preparat progestin, obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet yang diminum, suntikan, atau berupa krim vagina. Pengobatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan kuretase dengan cara mengerok jaringan endometrium agar ketebelannya dapat dikurangi.

Itulah yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti pengertian hyperplasia endometrium, penyebab dan pengobatannya. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan pernah remehkan masalah kesehatan dan gejala yang terjadi pada dirimu karena dapat menyebabkan penyaki yang lebih serius dan merugikanmu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *