Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Percepatan Gravitasi Bumi

Percepatan gravitasi atau kuat medan gravitasi merupakan salah satu topik dalam fisika yang saling berkaitan dengan topik-topik lainnya. Seperti yang telah diketahui bahwa pecepatan gravitasi di permukaan bumi nilainya berbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari bumi. Dimana besar percepatan gravitasi sebuah benda yang ada pada ketinggian tertentu di atas permukaan bumi nilanya sebanding dengan besar massa bumi serta berbanding terbalik dengan kuadrat jarak benda menuju pusat bumi.

Berkaitan dengan percepatan gravitasi bumi, selain massa dan jarak ternyata masih ada faktor-faktor lain yang berpengaruh pada besarnya percepatan gravitasi. Untuk itulah rumusrumus.com akan memberikan sedikit ulasan mengenai faktor-faktor tersebut yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Faktor Ketinggian
    Saat sebuah benda ada di permukaan bumi maka jarak benda ke sentra bumi besarnya sama dengan jari-jari bumi sehingga besarnya percepatan gravitasi pada permukaan bumi akan berbanding terbalik dengan nilai kuadrat jari-jari bumi. Bila sebuah benda berada di ketinggian tertentu yang cukup besar maka menjadikan nilai percepatan gravitasinya semakin kecil karena jarak benda ke bumi menjadi semakin jauh. Jarak benda ke bumi adalah jumlah ketinggian benda dan jari-jari bumi.
  2. Faktor Kedalaman
    Percepatan gravitasi di kedalaman ternetu maka nilainya lebih kecil dibandingkan percepatan garvitasi di permukaan bumi.Hal ini disebabkan karena massa dan jari-jari yang semakin lebih kecil.
  3. Faktor Letak Lintang
    Sebetulnya bentuk bumi tidaklah bundar tetapi agak pepat di bagian kutubnya. Sehingga jari-jari bumi akan semakin mengecil pada daerah kutub. Dengan semakin kecilnya jari-jari maka nilai percepatan gravitasi juga semakin besar di bagian kutub. Namun berlaku sebaliknya di bagian ekuator justru nilai percepatan gravitasinya semakin kecil. Dengan nilai percepatan gravitasi di wilayah kutub yang semakin besar maka berat benda di kutub akan lebih besar dibandingkan pada tempat lain. Sebab berat benda berbanding lurus dengan nilai percepatan gravitasi. Dari penjelasan tersebut bisa diketahui bahwa semakin besar percepatan gravitasi pada sebuah tempat maka beratnya juga semakin besar. Hal tersebut juga berlaku sebaliuknya.

Itulah tadi penjelasan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh pada percepatan gravitasi bumi yang bisa menambah wawasan anda. Jika anda ingin belajar lebih jauh mengenai pembahasan di atas maka silakan kunjungi informasi lengkapnya melalui website rumusrumus.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *