Candi Lumbung – Wisata di Magelang

Wisata di Magelang memang terkenal dengan peninggalan sejarahnya yaitu berupa candi – candi. Salah satu tempat Wisata di Magelang yang candinya cukup banyak pengunjung adalah Candi Lumbung. Candi Lumbung terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Candi ini berada tepat di tepi Kali Apu, yang mengalir dari Gunung Merapi di lereng sisi barat. Tempat ini dapat dicapai dari jalan raya Yogyakarta – Magelang di pertigaan Blabak (sekitar pabrik kertas) ke arah Ketep. Candi ini terletak berdekatan dengan dua candi lain, yaitu Candi Pendem dan Candi Asu. Ketiga candi sering disebut dengan Candi – candi Sengi.

Candi Lumbung ini mendapat namanya karena mungil dan memiliki bilik menyerupai lumbung atau tempat menyimpan padi. Memiliki bilik menyerupai lumbung atau tempat menyimpan padi. Menunjukkan betapa cermat dan visionernya nenek moyang dalam menangani masalah pangan. Candi Lumbung berdekatan dengan Candi Asu dan Candi Pendem, yang ada di Kecamatan Dukun. Karenanya, Candi ini dipastikan dibangun pada abad IX.

Untuk mencapai tempat Wisata di Magelang ini, kami sarankan menggunakan kendaraan pribadi, khusus roda empat, jangan melewati Pasar Talun, tetapi pilihlah jalan lewat Blabak, Mungkin karena jembatan yang baru hanya bisa digunakan sepeda motor. Demikian juga untuk yang menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Muntilan ada yang berhenti sampai pertigaan Tlatar, dan dari situ tinggal jalan kaki sekitar 10-15 menit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *