Bacaan Zikir dan Doa Setelah Sholat Wajib yang Dianjurkan

Selain berdoa setelah sholat tahajud, sholat setelah sholat wajib juga cukup magis. Jadi, jangan terburu-buru melipat sarung dan mukena atau pergi begitu Anda menyapa. Ada baiknya menggunakan setidaknya lima menit waktu Anda untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Berbeda dengan jamaah yang pembacaannya setelah shalat dipimpin oleh imam, shalat setelah shalat subuh atau sholat wajib harus diucapkan sendiri tanpa bimbingan orang lain. Meski begitu, bukan berarti berdoa setelah shalat Maghrib kurang baik. Hukum dan keutamannya sama.

Nah, jika ingin mendapat prioritas, berikut ini kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah yang bisa dibaca yang kami kutip dalam buku tematik pilihan. Sangat memalukan jika hanya mengaji setelah shalat tarawih atau witir. Juga perlu membaca doa setelah shalat wajib. Sekalipun Anda sedang terburu-buru, ada juga ceramah singkat dan kenangan yang bisa Anda baca. Berikut ini prioritas pengajian setelah shalat wajib yang tidak kalah mukjizatnya dengan shalat setelah shalat dhuha:

1. Menambah kekhusuyuan

Doa yang baik adalah doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tanpa tergesa-gesa. Salah satu cara mengamalkannya adalah dengan melakukan zikir dan mengaji setelah shalat. Meski waktunya singkat, kebiasaan atau jeda ini bisa mendekatkan dan menambah iman usai shalat.

2. Zikir dan doa sebenarnya merupakan bagian dari rangkaian salat

Karena ini merupakan rangkaian doa, maka perlu dilakukan zikir dan doa. Jika tidak, doa Anda mungkin tidak sempurna. Selain mengaji dan mendaras dzikir, disarankan juga untuk memperpanjang sujud terakhir dalam shalat. Jangan bergerak cepat, bahkan membaca doa singkat bisa menambah kesempurnaanmu!

3. Sholat setelah sholat Maghrib dan sholat wajib lainnya dianggap sedekah

Sedekah belum tentu dalam bentuk uang! Bahkan mengaji dan zikir setelah salat yang tulus juga bisa menjadi cara bersedekah yang luhur di sisi Allah SWT.

4. Doa setelah doa akan membawa Anda lebih dekat dengan Tuhan dan Anda akan diampuni atas dosa-dosa Anda

Dalam pengajian setelah sholat, terdapat penyebutan yang mengandung ampunan dan ungkapan puji-pujian kepada Allah SWT. Melalui bacaan ini, Anda dapat meningkatkan iman Anda dan secara implisit semakin dekat dengan Tuhan. Tidak hanya itu, dosa kecil pun akan diampuni dan dihapus oleh Allah SWT.

Dalam kitab Al-Adzkar, Imam Nawawi mengatakan bahwa para ulama telah sepakat untuk menghilangkan zikir setelah shalat dengan meluncurkan halaman Detik. Pengajian zikir setelah shalat sebenarnya berbeda, namun pengajian dan kompilasi yang paling sering adalah sebagai berikut.

1. Baca istigfar

Sebelum melafalkan doa, disarankan agar Anda melafalkannya tiga kali.

2. Bacaan lebih lanjut.

Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa’alla kulli syai’inqodir.

3. Bacalah Al-Fatihah secara bergiliran dan kursi dalam ayat tersebut

Cukup membaca Al-Fatihah sekali dan kemudian melanjutkan membaca Ayat Kursi atau Al-Baqarah.

Tidak ada doa khusus yang harus diucapkan setelah beberapa doa wajib. Namun menurut anjuran, mengaji tahmid di awal shalat akan membuat bacaan lain lebih berkah. Menjadi tahmid berarti kita memuji kesucian Allah dan bersyukur kepada-Nya. Setelah tahmid, bacalah nikmat Nabi, kemudian ucapkanlah doa keselamatan akhirat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *