6 Cara Program Hamil Setelah Keguguran

Keguguran adalah mimpi buruk bagi setiap pasangan suami istri. Apalagi kalau pasangan ini sudah lama menikah. Namun banyak pasangan yang memutuskan untuk program hamil lagi dengan berbagai cara. Berikut adalah cara program hamil yang sering dilakukan setelah mengalami keguguran.

  1. Kendalikan Stres yang Pernah Anda Alami

Setelah keguguran, pasti wanita merasa tertekan, emosi, serta sedih yang meluap-luap. Jika Anda memutuskan untuk kembali menjalani program hamil, sebaiknya Anda mampu mengendalikan tingkat stres agar peluang punya anak lebih besar.

Buang jauh-jauh stres yang Anda rasakan. Saat Anda jenuh, lakukan kegiatan yang sekiranya membuat hati senang. Anda juga bisa berlibur, berbelanja, atau membaca buku bacaan. Sebisa mungkin tidak ada beban yang membuat pikiran Anda kacau.

  1. Harus Rutin Berolahraga

Jika Anda tipe orang yang suka berdiam diri, sudah saatnya sekarang banyak bergerak dengan olahraga. Selain demi kebugaran, olahraga juga dapat mempercepat proses kehamilan. Namun Anda jangan melakukan olahraga yang terlalu berlebihan, lakukan secukupnya saja.

Karena kelebihan olahraga juga menjadikan tubuh tidak bisa berovulasi dengan baik. Lakukan olahraga yang ringan tapi rutin misal bersepeda, home workout, atau berjalan cepat. Lakukan rutin tiap pagi hari setelah bangun tidur. Anda juga mengimbangi dengan pola makan sehat.

  1. Konsumsi Makanan yang Dapat Menyuburkan Kandungan

Penghambat lamanya kehamilan terkadang datang dari makanan. Bisa saja hormon dalam tubuh berkurang dan menyebabkan sulit hamil. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Lakukan hal ini secepatnya sejak awal program hamil. Anda juga dapat mengonsumsi susu yang tinggi protein sebagai alternatif.

  1. Konsumsi Obat Khusus

Jika Anda pergi ke dokter pasti akan disarankan untuk mengonsumsi obat tertentu. Obat ini mungkin akan dapat mempercepat kehamilan. Obat lainnya yang biasa diberikan yaitu antibiotik dan anti depresan. Tentu saja dengan memperhatikan keadaan si pasien.

  1. Berhubungan Intim di Waktu yang Tepat

Waktu yang baik saat berhubungan intim yaitu pada saat masa ovulasi. Hal ini dikarenakan sel sperma dapat bertahan selama seminggu dalam tubuh wanita. Sehingga penting untuk tahu kapan Anda ovulasi. Untuk mengetahuinya dapat dengan mengukur suhu basal tubuh atau cek lendir serviks.

  1. Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup yang sehat akan membuat rahim juga ikut sehat. Oleh karenanya, hiindari rokok, alkohol bahkan obat-obatan terlarang. Agar kehamilan nanti lancar sebaiknya jauhkan barang tersebut dari Anda. Gaya hidup sehat ini juga membantu kesehatan tubuh Anda sendiri hingga pasca melahirkan nanti. Jika dijadikan kebiasaan seterusnya justru lebih bagus.

Semangat harus tetap ada meskipun Anda pernah mengalami keguguran. Anak sama halnya dengan rejeki yang pasti akan waktunya Anda mendapatkannya. Sekarang hanya perlu fokus ke program hamil. Semoga berhasil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *