2 Tanda Bahwa Keuanganmu Cukup Sehat untuk Pinjam Dana Online

Pinjam dana online kerap dijadikan solusi oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut disebabkan karena layanan yang baru beberapa tahun belakangan populer ini memiliki sejumlah kelebihan ketimbang pinjaman konvensional. Beberapa contoh yang paling signifikan adalah proses pendaftarannya yang serba cepat dan mudah.

Memang, bisa dibilang layanan pinjaman online bagai angin segar bagi kamu yang membutuhkan dana tambahan dalam waktu cepat. Namun, kemudahan yang ditawarkan juga bisa menjadi bumerang bagi para pengguna yang kurang bijak dalam memanfaatkannya.

Untuk itu, sebelum pinjam dana online di mana pun, ada satu hal penting yang harus kamu lakukan. Pastikan bahwa kondisi keuanganmu sudah cukup sehat. Dengan begitu, pinjaman yang kamu dapatkan tidak menjadi beban untuk ke depannya. Jika kamu mau pinjam dana online, cek dulu sejumlah hal ini untuk memastikan bahwa kondisi keuanganmu memang sudah cukup sehat untuk memiliki utang.

Pinjam dana online hanya untuk kebutuhan produktif

Apa tujuanmu dalam berutang? Apakah untuk menambah modal bisnis, biaya renovasi rumah, atau biaya pendidikan anak? Apabila tujuanmu termasuk salah satunya, artinya utangmu masuk ke dalam kategori utang produktif.

Utang produktif adalah utang yang nilainya bertumbuh dari waktu ke waktu. Jenis utang ini bukan digunakan untuk berfoya-foya semata, tapi bisa membantu kamu untuk berinvestasi. Apabila tujuan pinjamanmu masuk ke dalam utang produktif, maka utang tersebut masih terbilang sehat.

Lain halnya jika kamu pinjam dana online hanya untuk memenuhi keinginan impulsif. Misalnya seperti membeli smartphone keluaran terbaru hanya demi gengsi semata. Cicilan yang dibayar ke depannya akan menjadi beban dan tak mampu menghasilkan uang.

Jumlah cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan

Jumlah utang yang masih dianggap sehat besarnya tidak akan lebih dari 30% gaji bulanan. Contohnya gajimu dalam satu bulan adalah Rp 10 juta, maka batas maksimal cicilan utang yang ideal adalah sebesar Rp 3 juta per bulan.

Jangan lupa juga bahwa alokasi ini adalah untuk semua pembayaran cicilan yang kamu miliki. Mulai dari KPR, kredit mobil, kartu kredit, hingga cicilan pinjaman online.

Apabila sudah memastikan bahwa kondisi keuanganmu sudah cukup sehat untuk mengajukan pinjaman, maka jangan lupa untuk mencari penyedia pinjaman online dengan bunga terbaik, dan terjamin keamanannya. Salah satu yang bisa dipilih adalah Kredivo. Bekerja layaknya kartu kredit, Kredivo bisa memberikan limit kredit mencapai Rp 30 juta dengan bunga yang rendah yaitu 2,95% per bulan dan pilihan tenor mulai dari 30 hari, dan 3, 6, hingga 12 bulan.

Untuk bisa daftar akun Kredivo, kamu perlu memenuhi tiga syarat utama: wajib berusia minimal 18 tahun ke atas, punya penghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Kamu bisa langsung mendaftar dan mengajukan pinjaman online di Kredivo sekarang juga. Download aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *